Selasa, 26 Maret 2013

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar



Pengertian ilmu alamiah dasar  (IAD) adalah disiplin ilmu yang biasanya dipelajari ditingkat perguruan tinggi. Pada dasarnya anda sudah mendapatkan disiplin ilmu tersebut baik di SD, SMP, maupun SMA. Bedanya, IAD lebih banyak berbicara tentang bagaimana metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam secara lebih filosofis.

Definisi dan Bidang Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu alamiah dasar melibatkan studi tentang fenomena atau hukum-hukum dunia fisik . Berikut adalah cabang utama dari ilmu pengetahuan alam :
Ilmu pengetahuan alam dapat didefinisikan sebagai pendekatan rasional untuk memepelajari alam semesta dan dunia fisik. Astronomi, biologi, kimia, ilmu bumi dan fisika adalah cabang utama ilmu pengetahuan alam. Ada beberapa lintas disiplin ilmu pengetahuan alam seperti astrofisika, biofisika, kimia fisik, geokimia, niokimia, astrochemistry, dll.

  •  Astronomi berhubungan dengan studi ilmiah benda langit termasuk bintang, komet, planet dan galaksi dan fenomena yang berasal dari luar atmosfer bumi seperti radiasi latar belakang kosmik.
  • Biologi atau ilmu biologi adalah studi ilmiah tentang makhluk hidup, termasuk studi, asal mereka struktur pertumbuhan, fungsi evolusi, dan distribusi. Berbagai cabang biologi adalah zoologi, botani, genetika, ekologi, biologi laut dan biokimia.
  • Kimia adalah cabang ilmu alamiah dasar yang berhubungan dengan komposisi zar serta sifat dan reaksi mereka. Ini melibatkan studi materi dan interaksinya dengan energi itu sendiri. Hari ini sejumlah disiplin ada dibawah cabang kimia.
  • Ilmu bumi meliputi studi tentang sistem bumi diruang angkasa yang mencakup cuaca dan sistem iklim serta studi tentang hal-hal tak hidup seperti lautan, batuan dan planet. ini berkaitan dengan aspek fisik bumi, seperti struktur pembentukannya, dan fenomena terkait. Ini mencakup berbagai cabang seperti geologi, geografi, meteorologi, oseanografi dan astronomi.
  • Fisika adlah cabang ilmu alamiah dasar yang berhubungan dengan studi tentang sifat dan interaksi waktu , tenaga ruang, dan materi.
Jika anda mempelajari filsafat ilmu kealaman, anda akan bertemu dengan berbagai aliran pemikiran dalam ilmu pengetahuan alam, misalnya : realisme, Anti-realis, relativisme, maupun feminisme sains.
Didalamnya pun anda akan menemukan pertentangan pemikiran antara satu aliran ilmu kealaman dengan aliran yang lain, seperti pertentangan antara realisme dengan anti- realis.

REALISME

Hampir semua pemikiran mengenai ilmu kealaman saat ini banyak dipengaruhi oleh pandangan realisme. Sebagai suatu ilmu, sains memang tidak bisa lepas dari realitas objek objek materi yang terindra. realisme menempatkan observasi dan eksperimen sebagai suatu hal yang sangat penting didalam sains.
Dengan observasi, ilmuan dapat meramalkan gejala-gejala alam yang akan terjadi, misalnya pada zaman dahulu dengan fakta yang cukup, ilmuan dapat menjelaskan tentang gerhana matahari.
Kaum realis memandang bahwa ketika kita memiliki bukti dan fakta yang sesuai dengan fakta sebelumnya, maka kita akan dapat meramalkan suatu kejadian yang sama seperti kejadian yang pernah ada sebelumnya.
Observasi ini memliki banyak kegunaan dalam kehidupan. Walaupun sifatnya hanya melulu matematis, namun dengan jalan seperti itu, ilmuan dapat menyederhanakan realitas yang mereka hadapi. Dengan metode realis kita juga dapat mencapai tingkat rasionalitas yang baik.
Kaum realis juga memandang bahwa teori sangatlah penting dalam sebuah penalaahan. Observasi yang akurat dan dilakukan dengan sering dapat menghasilkan suatu teori yang baik.
Begitu pula teori yang ditemukan melalui observasi tersebut dapat membimbing ilmuan untuk melakukan penelitian dan penemuan baru yang bermanfaat dan lebih berarti.
Namun, pandangan tersebut sangat ditentang oleh anti-realis. mereka beranggapan bahwa akan banyak ketidakjujuran yang dilakukan oleh ilmuan ketika fakta yang ditemukan dalam observasi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Disinilah letak kesalahan yang tidak bisa dihindarkan oleh kaum realis . Sains menjadi sesuatu yang tidak objektif , karena sudah dipengaruhi oleh subjektivitas ilmuan.

ANTI - REALIS

Bagi kaum realis , teori dianggap dapat memberikan gambaran tentang dunia apa adanya. Jika suatu teori dianggap berlaku tidak lain karena teori itu dianggap benar dan sesuai dengan realitas. Begitu pula penganut realis, kebenaran merupakan tujuan akhir dari ilmu pengetahuan.
sementara itu, bagi anti-realis ilmu tidak perlu berbicara mengenai masalah kebenaran, sebab kita tidak akan pernah sampai pada kebenaran dari data yang kita observasi. Teori bagi anti-realis diangap benar sejauh teori itu bermanfaat bagi manusia. Hal ini tidak jauh berbeda dengan pandangan pragmatisme dan instrumentalisme.
Perbedaan pandangan diantara keduanya terjadi pula dalam kasus mengenai plogiston, ether, ataupun elektorn. Bagi kaum realis semua itu ada, misalnya elektron. Kita memang tidak bisa mengetahui bagaimana bentuk elektron, namun sejauh ini jejak elektron dianggap sudah cukup menyatakan bahwa elektron ada, dan jejaknya bisa diobservasi.
Bagi anti- realis, persoalan itu barangkali tidak terlalu penting. Sejauh ini elektron sudah banyak kegunaan, dan tentunya itu sudah masuk kriteria kebenaran menurut anti realis. Namun pada kenyataanya, anti-realis menolak argumen"cosmic coincidence" (suatu kondisi yang membuat kejadian alam tidak dapat diobservasi namun dapat dijelakan oleh teori).
Menurut anti-realis elektron hanya bahasa ilmu untuk menjelaskan fenomena yang tidak dapat diobservasi . Oleh karena itu , tidak ada persoalan jika bahasa itu tidak ada kaitannya dengan realitas.
Ilmu adalah fenomena biologis, dan organisme memfasilitasi fenomena tersebut dengan lingkungan. Menurut van fraassen inilah yang menjadiakn setiap perbedaan penjelasan ilmiah bisa terjadi.

Pentingnya Ilmu Alamiah Dasar

Mengapa ilmu pengetahuan dan tekhnologi penting? bagaimana iptek bisa mendapat tempat dimasyarakat? sebelum memahami pentingnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi, penting bagi kita untuk memahami bahwa ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang terkait erat dengan kehidupan kita dalam memahami ilmu alamiah dasar. Mereka adalah aspek terkait erat masyarakat dan studi perkembangan baik dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi dangat penting bagi kemajuan masyarakat secara keseluruhan. Mengapa tekhnologi begitu penting? bagaimana perkembangan ilmuah mempengaruhi masyarakat?

Penelitian ilmiah terdiri dari berbagai bidang mulai dari studi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan untuk bidang yang relatif maju seperti eksplorasi ruang angkasa, genetika manusia dan kloning. Penelitian alamiah berusaha untuk mengeksplorasi dan memahami kerja dari dunia fisik . Akan mencoba untuk menganalisis kejadian di alam dan mendapatkan pengetahuan tentang alam melalui eksperimen. Sebagai penelitian ilmiah bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang kompleksitas alam, penting bagi kemajuan umat manusia. Prestasi yang tampaknya mustahil telah dimungkinkan, berkat penelitian ilmiah.

Ilmu alamiah dasar berdasarkan pengertian ilmu alamiah dasar yang telah anda baca sebelumnya, berhubungan dengan studi tentang alam dan kehidupan manusia. dan disanalah justru kepentingannya berasal. studi-studi dari ilmu alam dan buatan telah mengungkapkan hubungan antara lama dan kehidupan manusia. Penelitian di ilmu pengetahuan telah membuka jalan untuk segala jenis penemuan brilian yang kali ini anda gunakan kapan saja, salam bentuk internet.

Selain itu bicara manfaat, ketika datang ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kita tidak bisa melupakan mobil dan industri transportasi yang telah berkembang pesat karena perkembangan ilmu pengetahuan dan rekayasa tekhnis. Kemajuan tekhonologi telah mendorong perkembangan diberbagai modus transportasi. sepeda telah berubah menjadi sepeda skuter dan olahraga. dan ketika minyak menjadi ancaman dari alam, karena ekses negatifnya, dengan ilmu pula manusia harus bisa menyediakan jawabannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar